Beberapa Rekomendasi Tempat Wisata di Pacitan

Liburan, liburan dan liburan. Baik liburan akhir pekan, libur tanggal merah ataupun libur awal tahun juga akhir tahun. Moment yang selalu ditunggu bagi banyak orang. Dari pelajar SD, SMP, SMA hingga mahasiswa juga para karyawan. Jika membicarakan tentang liburan sering dihubungkan dengan berwisata. Mengunjungi suatu tempat wisata menjadi pilihan paling favorit bagi banyak orang. Berikut ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Pacitan. Antara lain yaitu:

Beberapa Rekomendasi Tempat Wisata di Pacitan

1. Goa Gong
Tempat wisata di Pacitan ini berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung. Goa ini memiliki pemandangan stalagtit yang sangat menakjubkan, dengan 7 ruangan besar yang unik dan berkedalaman 700-800 meter, memiliki 7 ruangan besar yang unik. Diantara 7 ruangan tersebut terdapat sebuah Sendang yang berair jernih bernama Sendang Bidadari. Ada juga batu unik di tempat ini yang apabila ditabuh akan menghasilkan bunyi seperti bunyi Gong.

Hal inilah yang menjadi sejarah penamaan akan goa ini. Tak perlu khawatir akan merasakan gelap gulita saat memasuki tempat ini karena terdapat banyak lampu temaram dengan warna-warni cantik yang terpasang di dinding goa. Di dalam goa dibangun jalan setapak yang memanjang dengan pagar pembatas di pinggirnya untuk menghindari para pengunjung, agar tidak menginjak bagian goa.

2. Goa Tabuhan
Goa ini terletak di Kecamatan Punung, tak jauh dari Goa Gong. Tempat wisata di Pacitan ini Memiliki kedalaman sekitar 100 meter dengan dua ruangan di dalamnya. Goa ini dulu bernama Goa Tapan, dikarenakan kerap dijadikan tempat untuk bertapa. Yang paling menarik adalah terdapat kumpulan stalagtit di salah satu sudut goa yang dapat menghasilkan bunyi mirip suara gamelan. Dan bunyi-bunyian tersebut dijadikan orkestrasi nada yang sangat ajaib oleh kelompok gamelan warga setempat.

3. Pantai Srau
Lokasinya di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Tersembunyi sekaligus masih alami menjadikan Pantai Srau disebut sebagai satu diantara pantai-pantai terindah di Pulau Jawa. Bagaimana tidak, tempat wisata di Pacitan ini menyuguhkan 3 pantai sekaligus. Di pantai pertama, memiliki buih pasir selembut bedak berwarna putih yang diarak oleh ombak besar yang khas pantai selatan.

Pantai kedua, anda bisa bermain air sepuasnya dengan aman, dikelilingi oleh deretan batu karang dengan pasir yang agak kasar. Dan Pantai ketiga, anda memang tidak bisa bermain pasir namun berdiri kokoh deretan batu karang yang siap menopang badan anda sambil menikmati deru ombak dan sapuan angin juga keindahan pantai ini.

4. Pantai Klayar
Pantai Klayar berlokasi di Kecamatan Donorojo, berjarak 45 km dari Pacitan. Dan hanya di pantai ini anda dapat menyaksikan batu karang yang bisa bersiul. Ini benar adanya, di pantai ini terdapat sebuah batu karang besar yang bercelah dan apabila dihantam ombak besar, akan memercikkan air ke atas dilanjutkan suara siulan. Selain itu, terdapat juga karang yang memiliki bentuk serupa dengan Sphinx.

Selamat menjelajahi syurga dunia yang ada di Pacitan.